penjelasan “Karena petani aku bisa makan nasi”

karna petani aku bisa makan nasi

Karena petani aku bisa makan nasi

Anda tentunya sudah tahu bahwa nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Memang masing-masing daerah punya makanan khas tersendiri namun sebagian dari mereka sangat bergantung dengan nasi. Jadi, mungkin bisa saya katakan mereka tidak bisa makan kalau tidak ada nasi. Memang benar akhir-akhir ini saya dengar tingkat konsumsi beras Indonesia adalah 130-140 kg per orang per tahun.

Sama sepertiku yang tidak bisa merasa kenyang kalau tidak ada nasi. Di ujung timur Indonesia tempat pertama kalinya matahari menampakkan dirinya di bumi ibu pertiwi. yah…. Papua merupakan tempat kelahiranku. Disini aku tidak bisa menjumpai padi tumbuh dengan subur . Mungkin di beberapa daerah tertentu di Papua ada yang sudah bisa menanam padi. Namun, untuk di daerahku Fakfak papua barat belum kujumpai. Kakek saya pernah mencoba menanamnya  namun, mati karena karakteristik di daerahku yang bebatuan apalagi dengan cuaca yang cukup terik dan panas. Jelas hal itu membuat padi tidak dapat tumbuh subur.

Alhasil dari semua itu, aku tidak tahu cara menanam padi dan bagaimana proses pembuatannya hingga menjadi beras yang kemudian diolah menjadi nasi untuk mengisi perutku setiap hari. Hanya melihat dari TV dan kemudian ku coba untuk menemukannya di Google dengan harapan aku dapat mengerti tapi semua itu membuatku menjadi bertambah penasaran. Bagaimana rasanya menanam padi? ingin sekali aku terjun langsung ke sawah berbaur dengan petani dan juga ingin sekali aku memeluk mereka dan katakan “Terimakasih” tidak berlebihan memang, karena  Aku tidak bisa membayangkan apa jadinya kita tanpa seorang petani? yang tanpa kita sadari memberi kita sesuap nasi setiap hari. Kita bisa makan nasi karena mereka , dan di dalam pertumbuhan kita tentunya terselip peran kecil mereka.

Menjadi seorang petani bukan hal yang mudah setiap harinya ia harus memantau padi yang ditanamnya. Namun, walau dia sudah memantau setiap hari tentunya ada faktor-faktor tertentu diluar kendalinya seperti masalah kekeringan,banjir,serangan hama ataupun penyakit lainnya. Lihat betapa sulitnya menjadi seorang petani bukan?

Untuk itu kita seharusnya bisa memberikan apresiasi kecil kepada mereka misalnya saja dengan tidak membuang nasi ketika nasi tersebut belum basi. Dengan langkah kecil ini sebenarnya kita sudah dapat memberikan sebuah apresiasi terhadap para petani. Karena ingatlah, tanpa seorang petani kita tidak bisa mengkonsumsi nasi setiap harinya. karena kerja keras mereka kita dapat mengisi perut kita dengan sesuap nasi setiap harinya. kita harus berpegang teguh bahwasanya tanpa petani kita tidak bisa makan nasi yang dimana merupakan makanan pokok kita. Jika kita tidak bisa ataupun enggan mengkonsumsi pengganti nasi seperti jagung,ubi dan lainnya. Seharusnya kita lebih-lebih lagi menghargai seorang petani. Ketika melihat berita di TV,koran,radio, dan lainnya kemudian menjumpai petani yang tengah gagal panen saya sangat berempati terhadap mereka. Karna petani aku bisa makan nasi!

Untuk petani-petani di seluruh Indonesia dalam tulisan kecilku ini aku sangat berterimakasih engkau telah memberiku sesuap nasi setiap harinya. Karna aku sadar bahwa aku berdomisili jauh dari tempat tumbuhnya padi yakni di Papua.

Terakhir, aku ingin menantang IPB sanggupkah mereka mewujudkan impianku yakni mempertemukan aku dengan petani padi yang sudah memberiku sesuap nasi setiap hari?

One thought on “penjelasan “Karena petani aku bisa makan nasi”

Leave a Reply

